#SIP Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) [AI]

Robots-The-Possibilities-of-Artificial-Intelligence-650x406

Hi! Aku adalah robot hasil kecerdasan buatan manusia!

Artificial Intelligence dalam bahasa Indonesia yaitu Kecerdasan Buatan, apa itu kecerdasan buatan? Yuk, kita bahas sedikit!

Kecerdasan buatan adalah suatu ilmu yang mempelajari cara membuat komputer melakukan sesuatu seperti yang dilakukan oleh manusia (Minsky, dalam kusrini, 2006). Sedangan menurut Simon (dalam Kusrini, 2006) AI merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman computer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah cerdas. Sementara ensiklopedi Britannica mendefinisikan Kecedasan buatan (AI) sebagai cabang ilmu computer yang merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan symbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau berdasarkan jumlah aturan. Dalam buku pengantar ilmu penggalian data bisnis (Olson dan Shi, 2008), dijelaskan bahwa kecerdasan buatan adalah penggunaan pembelajaran mesi untu menarik kesimpulan; dalam konteks penggalian data, penggunaan jaringan saraf tiruan, penalaran berbasis kasus, algoritma genetik, atau perangkat kecerdasan buatan lainnya.

Sejarah Singkat AI (Artificial Intelligence)

Bibit pertama kali disebar hanya 2 tahun setelah general electric menerapkan komputer yang pertama kali digunakan untuk bisnis. Pada tahun 1956, istilah kecerdasan buatan pertama kali dibuat oleh John McCarthy sebagai tema suatu konferensi yang dilaksanakan di Dartmouth College. Pada tahun yang sama, program komputer AI pertama yang disebut Logic Theorist, diumumkan. Kemampuan Logic Theorist terbatas untuk berpikir (membuktikan teori-teori kalkulus) mendorong para ilmuwan untuk merancang program lain yang disebut General Problem Solver (GPS), yang ditujukan untuk digunakan dalam memecahkan segala macam masalah. Proyek ini ternyata membuat para ilmuwan yang pertama menyusun program ini kesulitan, dan riset AI disalahkan oleh aplikasi-aplikasi komputer yang tidak terlalu ambisius seperti SIM dan DSS. Namun seiring waktu, riset yang terus menerus akhirnya membuahkan hasil, dan AI telah menjadi wilayah aplikasi yang solid.

Hubungan AI dengan kognisi manusia

TRA297_BLOG_Article_Img_AI2

kognisi manusia vs kecerdasan buatan

Lalu, apa hubungannya Kecerdasan buatan dengan kognisi manusia? Beberapa program komputer bekerja lebih efektif daripada pikiran manusia, dan kebanyakan sangat pintar menirukan hal-hal yang nyata meski masih sedikit janggal. Komputer mampu memecahkan beberapa masalah, seperti sebuah soal matematika yang medetail, lebih cepat dan lebih akurat daripada manusia. Beberapa tugas lain seperti menggeneralisasi dan mempelajari pola aktivitas yang baru, dilakukan paling baik oleh manusia, dan komputer masih kalah baik. Bagaimanapun, program komputer adalah buatan manusia yang memiliki otak, dimana otak adalah ciptaan Allah. Kognisi manusia pasti lebih baik daripada program komputer, karena program tersebut diciptakan oleh manusia.

Sumber:

Kusrini.(2006). Sistem pakar, teori, dan aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

McLeod, R., Schell, G.P. (2008). Sistem informasi manajemen, edisi 10. Jakarta: Salemba Humanika.

Olson, D., Shi, Y. (2008). Pengantar ilmu penggalian data bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s