#SIP Evolusi CBIS

Menurut Gaol (2008), penggunaan program komputer (computer application) untuk pengolahan informasi dimulai pada tahun 1954 ketika satu program utama computer pertama kali disusun untuk bidang akuntansi untuk mengolah daftar gaji (payroll) dan program ini disebut pemrosesan data akuntansi. Aplikasi tersebut selanjutnya diikuti oleh pembuatan program untuk bidang lainnya, yaitu yang akan dibahas berikut ini:

1. Berfokus pada data, contohnya EDP (electronic data processing)

Menurut Oke (2009), EDP merupakan sub-sistem pertama yang bertujuan untuk memproses transaksi yang terjadi akibat kegiatan sehari-hari.

Sedangkan menurut Goyal (2011) berfokus pada data, maksudnya fakta atau detil yang berkaitan dengan sistem, misalnya nama pelanggan atau jumlah tagihan. EDP mengacu pada pengolahan komputerisasi atau analisis data mentah untuk menghasilkan informasi yang bermanfaat untuk orgaisasi yang bersangkutan.

2. Berfokus pada informasi, contohnya SIM (sistem informasi manajemen)

Sistem informasi manajemen adalah sebuah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk membantu perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutin dan mengubahnya menjadi kumpulan data yang lebih berarti yan dibutuhkan manager untuk menjalankan tanggung jawabnya. Untuk mengembangkan suatu SIM, diperulkan pemahaman yang baik tetang informasi apa saja yang dibutuhkan manajer dan bagaimana mereka mengguakan informasi tersebut (Fatta, 2007).

3. Berfokus pada komunikasi, contohnya otomasisasi kantor

System otomatisasi perkantoran atau sistem OA (Office Automation) menyediakan kemampuan telekomunikasi untuk orang-orang didalam perusahaan dan memampukan mereka untuk berkomuniasi diantara mereka sendiri dengan para penyalur serta para pelanggan di lingkungan perusahaan. Komunikasi ini membuat kelompok tanggungg jawab kualitas, seperti komite dan kelompok proyek, untuk menyelaraskan upaya kemampuan telekomunikasi tersebut. Pengolahan kata (word processing), surat elektronik (e-mail), surat suara (voice mail), dan pemindahan facsimile dapat memenuhi kebutuhan ini dengan baik. Aplikasi OA lainnya, seperti tatap muka melalui video atau gambar (video conferencing), pertemuan melalui suara (audio conferencing), bagus untuk berkomunikasi diantara mereka yang berjauhan dan letaknya tersebar (Gaol, 2008). Sedangkan menurut Oke (2009), OA terdiri dari kegiatan atau proses-proses yang dilakukan pada computer untuk melakukan rutinitas kantor.

4. Berfokus pada konsultasi, contohnya expert system (sistem pakar)

Menurut Fatta (2007), sistem pakar atau expert system merupakan representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. Expert system lebih berpusat pada bagaimana mengodekan dan memanipulasi pengetahuan dari informasi. Cara kerja ES pertama adalah berkomunikasi dengan sistem menggunakan dialog interaktif. Kemudian, ES menanyakan pertanyaan yang akan ditanyakan seorang pakar dan pengguna memberikan jawaban. Selanjutnya, jawaban digunakan untuk menentukan aturan mana yang dipakai ES sistem menyediakan rekomendasi berdasarkan aturan yang telah disimpan. Terakhir, seorang knowledge bertangggung jawab pada bagaimana melakukan akuisisi pengetahuan, sama seperti seorang analis tetapi dilatih untuk menggunakan teknik yang berbeda.

Sumber:

  • Oke, J.K. (2009). Management information systems. Mumbai: Nirali Prakashan.
  • Goyal, A. (2011). System analysis and design. New Delhi: PHI learning Private Limited.
  • Fatta, H.A. (2007). Analisis dan perancangan sistem informasi: untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta: Andi.
  • Gaol, J.L. (2008). Sistem informasi manajemen: pemahaman dan aplikasi. Jakarta: Grasindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s