#SIP ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA

“computer architecture refers to those attributes of a system visible to a programmer or, put another way, those attributes that have a direct impact on the logical execution of a program. Examples of architectural attributes include the instruction set, the number of bits used to represent various data types (eg. Numbers, characters), I/O mechanisms, and techniques for addressing memory.”

Arsitektur Komputer mempelajari atribut-atribut system komputer yang terkait dengan seorang programmer dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program. Aristektur Komputer dapat bertahan bertahun-tahun tapi orgnsisasi komputer dapat berubah-ubah sesuai perkembangan teknologi.

Jadi, arsitektur komputer dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.

Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.

Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

3 sub-kategori arsitektur komputer

Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:

  • Set intruksi (ISA).
  • Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
  • Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.

Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:

  • Set instruksi.
  • Komponen hardware (perangkat keras).
  • Organisasi atau susunan sistemnya.

2 bagian utama arsitektur komputer

Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:

  • Instructure Set Architecture
  • Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.

Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebuti tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program.

Lalu, bagaimana dengan struktur kognisi manusia?

Dalam buku psikologi umum menurut heru basuki, pendekatan kognisi lebih menekankan struktur mental atau pengaturan atau pengotganisasian. Pemberian tekanan pada fungsi pengaturan ini tampak jelas pada jean piaget yang telah memberikan kntribusinya dalam pemahaman tentang perkembangan manusia, khususnya perkembangan kognisi. Piaget menyatakan bahwa semua makhluk hidup dilahirkan dengan keahlian yang berbeda  untuk mengatur pengalaman dan keahlian ini merupaan factor pendorong (impetus) dalam pekembangan. Teori kognisi juga dikenal sebagai teori pemrosesan informasi.

Proses kognitif terjadi didalam otak cerebrum. Prosess informasi  terdiri dari tiga tahapan, yaitu:

  1. Input, yaitu bagaimana seseorang memperoleh informasi, informasi berupa stimulus yang didapatkan dari luar (lingkungan) dan dari dalam diri, kemudian direspon oleh panca indera kita.
  2. Processing, yaitu bagaimana memproses informasi. Setelah dari panca indera kemudian diolah dan disimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan lagi.
  3. Output yaitu bagaimana respon dari input dan proses, yaitu dalam bentuk perilaku.

Tokoh yang dikenal dengan teori perkembangan kognitifnya adalah Jean Piaget, terdapat empat tahap dalam perkembangan kognitif, yaitu:

  1. Tahap sensori motor (0-2 tahun)
  2. Tahap pra-operasional (2-7 tahun)
  3. Tahap operasional konkret (11 tahun keatas)
  4. Tahap operasional formal

Hubungan antara arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia

Berdasarkan penjelasan diatas, dapat dikatakan arsitektur komputer dan struktur kognisi manusia memiliki persamaan, yaitu sama-sama membicarakan “mind” atau proses berpikir. Namun, pada struktur kognisi manusia prosesnya terjadi dalam otak manusia sendiri, jadi manusialah yang bisa mengatur proses berpikirnya sendiri. Sedangkan dalam arsitektur komputer, komputer diciptakan oleh manusia. Maka sudah jelas program yang ada dalam arsitektur komputer diatur oleh pembuatnya, yaitu manusia. Secanggih apapun komputer, manusia tidak berpikir seperti komputer, karena manusia lebih tinggi dari komputer. Komputer diciptakan oleh manusia dan komputer hanya sebagai alat untuk membantu manusia dalam melakukan kinerja yang lebih maksimal.

Sumber:

Stallings, W. 2010. Computer organization and architecture: designing for performance. London: Pearson Education

Basuki, A.M.H. 2008. Psikologi Umum. Jakarta: Universitas Gunadarma

Suparno, P. Teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Bahan ajar psikologi kognitif sains

nelly_sofi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/…/Arsitektur+Komputer.pdf

http://www.pengertianku.net/2014/12/pengertian-arsitektur-komputer-secara-lebih-jelas.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s