#SIP Informasi dan Sistem Informasi Psikologi

Apa itu informasi?

Menurut Kennerth C. Laudon (2004), informasi merupakan data yang sudah dibentuk kedalam sebuah formulir yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.

Menurt Anton M. Moeliono (1990), informasi adalah penerangan, keterangan, pemberitahuan, kabar, atau berita nyata yang dapat dijadikan dasar kajian analisis atau kesimpulan.

Informasi terdiri atas data yang telah didapat, diolah, atau diproses yang digunakan untuk tujuan pnjelasan, penerangan, uraian atau sebagai sebuah dasar untuk membuat keputusan.

Informasi sendiri berfungsi untuk menambah pengetahuan atau mengurangi ketidakpastian pemakai informasi, karena informaasi berguna memberikan gambaran tentang suatu permasalahan sehingga dapat diambil keputusan lebih cepat. Selain itu, informasi juga memberikan indikator bagi pengambil keputusan.

Kegunaan informasi tergantung pada;

  • Tujuan penerimanya. Bila untuk memeberi bantuan, maka informasi itu harus membantu si penerima
  • Ketelitian penyampaian dan pengolahan data. Dalam menyampaikan dan mengolah data, inti dan pentingnya informasi harus dipertahankan
  • Lihat apakah informasi tsb masih up to date
  • Ruang atau tempat. Lihat apakah informasi tersedia dalam tempat yang tepat
  • Dapatkah informasi itu digunakan secara efektif
  • Apakah hubungan antara kata-kata dan arti yang diinginkan cukup jelas

Konsep sistem

Sistem merupakan hubungan satu unit dengan unit lainnya yang saling berhubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan serta menuju suatu kesatuan dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan uraian diatas, dapat dikatakan bahwa Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolaan tansaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial, dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan2 yang dibutuhkan.

Menurut O’ Brien (2004) terdapat beberapa komponen Sistem Informasi, diantaranya adalah:

  • Sumber Daya Manusia (people resource) atau yang sering disebut sebagai SDM diperlukan untuk pengolahan sistem informasi. Secara garis besar, SDM terbagi menjadi 2 kelompok: end users (pengguna Sistem Informasi), dan spesialis sistem informasi (orang-orang yang melakukan pembangunan atau pengembangan Sistem Informasi)
  • Sumber Daya Perangkat Lunak (software resoucrce). Segala hal yang diperlukan dalam instruksi pemrosesan informasi. Perangkat lunak bukan hanya berupa program yang secara langsung dapat dioperasikan, namun juga berupa prosedur yang diperlukan dalam Sistem Informasi. Prosedur berupa petunjuk operasi bagi pengguna untuk menjalankan Sistem operasi. Perangkat lunak terdiri dari 3 jenis, yaitu Perangkat Lunak sistem, Perangkat Lunak aplikasi, dan Perangkat Lunak bahasa pemrograman
  • Sumber daya perangkat keras (hardware resource). Merupakan istilah untuk semua bagian fisik komputer. Bukan hanya mesin, namun juga media data. Perangkat keras dibagi menjadi dua, yaitu yang ada didalam CPU, dan peripheral komputer, yaitu peralatan yang digunakan untuk input data (seperti keyboard dan mouse), menampilkan output informasi (printer), dan untuk menyimpan data seperti magnetic atau optical disk.
  • Sumber daya data (data resource). Merupakan komponen dasar dari informasi yang akan diproses lebih lanjut untuk menghasilkan informasi. Biasanya data telah diorganisasi, disimpan, dan diakses dengan berbagai teknologi manajemen data dalam bentuk database, yaitu data yang telah diproses, serta dalam bentuk knowledge base (data yang berisi fakta dan aturan-aturan).
  • Sumber daya jaringan (network resource). Menekankan pada teknologi komunikasi dan jaringan yang merupakan bagian dari sumber daya yang penting dalam Sistem Informasi. Sumber daya jaringan terdiri dari: media komunikasi (kabel UTP, coaxial fiber-optis, dan cellular), dan pendukung jaringan berupa berbagai perangkat keras, perangkat lunak, dan data teknologi yang diperlukan untuk mendukung penggunaan dan operasi sebuah jaringan komunikasi.

Sedangkan komponen Sistem Informasi menurut Stair (1992):

  1. Perangkat keras: komponen untuk melengkapi kegiatan memasukkan data, memproses data, dan keluaran data.
  2. Perangkat lunak: program dan instruksi yang diberikan ke komputer
  3. Database: kumpulan data dan informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses pengguna SI
  4. Telekomunikasi: komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama kedalam suatu jaringan kerja yang efektif
  5. Manusia: personel dari Sistem Informasi yang meliputi manajer analis, programmer, dan operator, serta bertanggungjawab terhadap perawatan sistem.

Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari perilaku dan jiwa manusia. Dalam hal ini berarti Sistem Informasi Psikologi dapat dikatakan merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan psikologis. Penggunan sistem informasi dalam psikologi contohnya penggunaan alat tes psikologi yang dahulu diberikan secara manual dengan kertas, sudah dapat dikomputerisasi seperti Papikostik. Selain itu terdapat E-counseling yang menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan media komunikasi yang baru misalnya melalui surat elektronik (e-mail). Bentuk lain penerapan teknologi dalam bidang psiklogi adalah program SPSS (aplikasi pengolah data).

Sumber:

Gaol, J.L. (2008). Sistem Informasi Manajemen: Pemahaman dan Aplikasi. Jakarta: Grasindo.

Hutahaean, J. (2014).  Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Depublish

Marimin. Tanjung, H. Prabowo, H. (2006). Sistem informasi manajemen: sumber daya manusia. Jakarta: Grasindo

Fattah, A. (2007). Analisis dan perancangan Sistem Infromasi. Yogyakarta: Penerbit Andi

http://www.slideshare.net/coryditapratiwi/paper-sippengantar-sistem-informasi-psikologi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s