REVIEW JURNAL PSIKOLOGI MANAJEMEN

Nama: Asmarani Shabrina

NPM: 11512212

Kelas: 3 PA 08

Judul Jurnal: Pengaruh Karakteristik Individu, Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi (Studi Pada Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Utara) – 172-297-1-PB

Latar belakang

Unsur utama yang paling menentukan dalam meningkatkan kapasitas kemampuan daerah adalah kemampuan sumber daya manusia pemerintah daerah. Namun kenyataannya, berbagai fenomena umum yang banyak terjadi menunjukkan bahwa pemerintah daerah sendiri tidak mampu secara responsif apalagi proaktif menanggapi berbagai perkembangan tersebut, sehingga dalam memberikan berbagai bentuk pelayanan kepada masyarakat terkesan lamban dan masih memerlukan pembenahan di sana-sini. Berbagai bentuk permasalahan tersebut telah terjadi di berbagai bidang pelayanan masyarakat, seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan hidup, investasi serta berbagai penyediaan fasilitas umum.

Pada umumnya pekerja yang tidak profesional, tidak memiliki semangat kerja yang tinggi, mereka tidak merasa nyaman dengan pekerjaan atau tugas yang diembannya. Terdapat berbagai penyebab terjadinya kondisi tersebut, antara lain rendahnya gaji yang diterima, dan kodisi  pekerjaan itu sendiri. Berbagai bentuk penanganan terhadap permasalahan tersebut dapat dilakukan melalui berbagai bentuk pendekatan, secara eksternal (melalui pembentukan kebijakan dan peraturan yang diperlukan) dan secara internal (melalui pengelolaan terhadap sumber daya manusia sebagai pelaku seluruh aktivitas)

Tujuan: Mengembangkan suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mengkaji sifat hubungan antara karakteristik individu, gaya kepemimpinan, dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja pegawai dan komitmen pegawai terhadap organisasi. Kajian ini juga diharapkan mampu memberikan analisis dari sisi perilaku manusia dan peranan sumber daya manusia dalam pengembangan suatu organisasi melalui terciptanya kepuasan kerja dan komitmen organisasi serta berbagai variabel yang mempengaruhinya.

Hipotesis:

H1: Karakteristik Individu, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja pegawai dan komitmen pegawai pada organisasi.

H2: Karakteristik Individu dan Gaya kepemimpinan berpengaruh langsung terhadap budaya organisasi.

H3: Karakteristik individu dan gaya kepemimpinan berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan komitmen pegawai pada organisasi melalui budaya organisasi.

H4: Kepuasan kerja pegawai berpengaruh terhadap komitmen pegawai pada organisasi.

H5: Karakteristik Individu, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja pegawai.

Responden: Dari seluruh pegawai pemerintah daerah (kabupaten maupun provinsi) di provinsi Sumatera Utara yang berjumlah 167.018 orang, diambil sampel sebanyak 400 orang. Dari 400 kuesioner yang diberkan, 330 kuesioner dikembalikan, namun terdapat 4 kuesioner yang tidak dapat dipakai karena tidak terisi secara lengkap, sehingga kuesioner yang digunakan untuk analisis data adalah sebanyak 326 kuesioner.

Metode penelitian: Penelitian ini disebut juga penelitian pengujian hipotesis atau testing research. Instrument penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Pertanyaan dalam kuesioner diukur menggunakan skala Likert dengan skor 1 sampai 5.

Tahap menentukan sampel penelitian:

Tahap I: seluruh kabupaten ataupun kota di Provinsi Sumatera Utara dikelompokkan berdasarkan karakteristik fisik pengembangan dan pembangunan wilayah

Tahap II: agar pengambilan sampel kabupaten atau kota dari setiap kawasan dapat mewakili baik potensi ekonomi yang tinggi, sedang atau yang rendah, selanjutnya seluruh kabupaten/kota dikelompokkan berdasarkan besarnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dimiliki

Tahap III: dari setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan diperoleh jumlah populasi target, yaitu seluruh pegawai echelon II, III dan IV (Purposive sampling).

Metode analisis data: structural equation modeling (SEM)

Hasil penelitian:

  • Gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh secara langsung terhadap kepuasan kerja pegawai dan komitmen pegawai pada organisasi.
  • Karakteristik individu dan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap budaya organisasi.
  • Karakteristik individu dan gaya kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja dan komitmen pegawai pada organisasi melalui budaya organisasi
  • Kepuasan kerja pegawai berpengaruh terhadap komitmen pegawai pada organisasi.
  • Karakteristik individu, gaya kepemimpinan dan budaya organisasi berpengaruh terhadap komitmen pegawai pada organisasi melalui kepuasan kerja pegawai.

Kelebihan jurnal: Jurnal ini sudah cukup baik karena dapat meneliti tiga variabel secara sekaligus, selain itu penelitian juga dilakukan langsung kepada pegawai pemerintahan di provinsi Sumatra Utara, sehingga kita dapat mengetahui langsung mengenai karakteristik individu, gaya kepemimpinan, dan budaya organisas memiliki pengaruh atau tidak pada kepuasan kerja disana. Pembahasan yang dibuat pun cukup detil dan jelas.

Saran untuk jurnal: Mungkin masih ada beberapa variabel yang dapat diteliti lagi dalam penelitian selanjutnya seperti misalnya variabel komunikasi, karena dalam suatu organisasi untuk mencapai kepuasan kerja perlu strategi komunikasi yang baik, seperti misalnya hubungan atar karyawan ataupun hubungan atara karyawan dengan atasan juga harus baik agar tercapai kepuasan kerja seseorang.

DAFTAR PUSTAKA

Lumbanraja, Prihatin. (2008). Pengaruh Karakteristik Individu, Gaya Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan kerja dan Komitmen Organisasi (Studi pada Pemerintah Daerah di Provinsi Sumatera Utara). Jurnal Aplikasi Manajemen. vol. 07, no. 02, Hal. 450-468

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s