PENGANTAR KESEHATAN MENTAL

Konsep Sehat

Sehat adalah keadaan baik yang meliputi keadaan jasmaniah dan rohaniah. Seseorang dikatakan sehat, jika orang tersebut dalam keadaan fisik yang baik dan keadaan mental yang baik,sehingga orang yang dikatakan sehat tersebut bisa mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya.

Terdapat 8 ciri tingkah laku orang yang sehat, diantaranya;

  1. Bertingkah laku menurut norma social yang ada
  2. Harus mampu mengaktualisasikan potensi-potensi yang ada dalam diri kita (kelebihan dan kekurangan kita)
  3. Dapat mengendalikan emosi, karena emosi yang positif akan membangun kebahagiaan
  4. Dapat mengikuti kebiasaan-kebiasaan social
  5. Dapat mengenali risiko dari apa yang dilakukan
  6. Mampu menunda kepentingan sesaat untuk kepentingan jangka panjang
  7. Mampu belajar dari pengalaman sebelumnya
  8. Selalu gembira😉

Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental

Berawal dari banyaknya kepercayaan atau mitos yang beredar mengenai penyakit mental, seperti misalnya penyakit mental disebabkan oleh gangguan roh jahat, atau guna-guna karena kutukan atau hukuman atas dosanya.

Kesehatan mental yang dikaitkan dengan ilmu psikologi sebenarnya sudah ada sejak jaman pra ilmiah, namun sering dikaitkan dengan kepercayaan terhadap paham Animisme dan Dinamisme. Seperti pada saat jaman era Yunani, yaitu suatu aliran yang berpendapat bahwa gangguan mental dan fisik itu akibat dari alam, namun Hipocrates seorang tokoh filsafat Yunani kala itu menolak dan menentang kepercayaan aliran tersebut. Tidak hanya Hipocrates, seorang dokter Perancis, Philipe Pinel (1745-1826) menggunakan filsafat politik dan sosial yang baru untuk memecahkan problem penyakit mental. Dia terpilih menjadi kepala Rumah Sakit Bicetre di Paris. Di rumah sakit ini, pasiennya dirantai, diikat ketembok dan tempat tidur. Para pasien yang telah di rantai selama 20 tahun atau lebih, dan mereka dianggap sangat berbahaya dibawa jalan-jalan di sekitar rumah sakit. Akhirnya, diantara mereka banyak yang berhasil, mereka tidak lagi menunjukkan kecenderungan untuk melukai atau merusak dirinya.

Perubahan luar biasa dalam sikap dan cara pengobatan gangguan mental terjadi pada saat berkembangnya psikologi abnormal dan psikiatri di Amerika pada tahun 1783 (Era Ilmiah). Ketika itu Benyamin Rush (1745-1813) menjadi anggota staf medis di rumah sakit Pensylvania. Di rumah sakit ini ada 24 pasien yang dianggap sebagai lunatics (orang gila atau sakit ingatan). Pada waktu itu sedikit sekali pengetahuan tentang penyebab dan cara menyembuhkan penyakit tersebut. Akibatnya pasien-pasien dikurung dalam ruang tertutup, dan mereka sekali-kali diguyur dengan air.

Tahun 1909, gerakan mental Hygiene secara formal mulai muncul. Perkembangan gerakan mental hygiene ini tidak lepas dari jasa Clifford Whitting Beers (1876-1943) bahkan karena jasanya itu ia dinobatkan sebagai The Founder of the MentalHygiene Movement. Ia terkenal karena pengalamannya yang luas dalam bidang pencegahan dan pengobatan gangguan mental dengan cara yang sangat manusiawi.

Secara hukum, gerakan mental hygiene ini mendapat pengakuan pada tanggal 3 Juli 1946, yaitu ketika presiden Amerika Serikat menandatanganiThe National Mental Health Act., yang berisi program jangka panjang yang diarahkan untuk meningkatkan kesehatan mental seluruh warga masyarakat. Tahun 1950, organisasi mental hygiene terus bertambah, yaitu dengan berdirinya National Association for Mental Health. Gerakan mental hygiene ini terus berkembang sehingga pada tahun 1975 di Amerika terdapat lebih dari seribu perkumpulan kesehatan mental. Di belahan dunia lainnya, gerakan ini dikembangkan melalui The World Federation forMental Health dan The World Health Organization.

Teori Kepribadian Sehat

1. Menurut Aliran Psikologi Analisa

Dalam psikologi analisa, perilaku maupun pikiran kita lebih banyak terjadi karena dorongan-dorongan yang mencari pemuncula dalam perilaku dan pikiran, jika tidak terpenuhi biasanya akan menimbulkan perilaku yang menyimpang.

2. Menurut Aliran Behavioristik

Dalam terori ini, manusia dilihat hanya dari apa yang dirinya munculkan pada orang lain tanpa harus orang lain tahu tentang dirinya lebih jauh

3. Menurut Aliran Humanistik

Perhatian berfokus kepada keunikan manusia yang dipandang sebagai mahk;luk yang kreatif yang didasarkan pada pilihan pribadi, dan bukan oleh kekuatan ketidaksadaran.

 

 Daftar Pustaka:

http://kurniawan008.wordpress.com/2012/03/21/konsep-sehat-dan-sejarah-kesehatan-mental/

http://staciafie.wordpress.com/2013/03/27/konsep-sehat-dalam-kesehatan-mental-psikologi/

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s