NETIQUETTE

NETIQUETTE

Netiquette merupakan singkatan dari network dan etiquette, atau etika dalam menggunakan internet. Seperti sebuah kumpulan komunitas, internet juga memiliki aturan – aturan tertentu dimana aturannya menyangkut batasan dalam menggunakan fasilitas internet. Hal ini penting diketahui oleh para pengguna internet agar dapat menjaga hubungan baik dengan sesame pengguna dunia maya ini. Beberapa aturan dalam menggunakan fasilitas internet diantaranya:

  1. Amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall
  2. Jangan terlalu mudah mengunggah data pribadi secara sembarangan, pastikan alamat URL yang dituju telah terjamin keamanannya.
  3.  Hargai pengguna lain di dunia maya,dengan beberapa cara berikut:

a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.

b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian

c. jangan mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.

d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena seperti teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.

e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

FLAMMING

adalah salah satu jenis konflik yang biasa terjadi di dalam dunia maya (cyberspace), terutama di milis dan forum internet, di mana serangkaian pesan yang menghina menjadi akar permasalahan.

Flaming sering mengarah pada perdagangan penghinaan antara anggota dalam forum tertentu. Ini adalah hasil disayangkan, seperti yang sering melempar  tentang topik yang sah baik keluar jalur.

CONTOH KASUS, topik forum diskusi dapat “Memilih gadget merk A atau merk B.” Beberapa pengguna gadget merk A dapat memposting pesan sombong tentang manfaat dari merk A tersebut, yang pada gilirannya mendorong respon dari pengguna merk B seolah tidak mau kalah. Pengguna merk A kemudian dapat membalas lagi dengan menjelek-jelekkan merk B sehingga berujung perang.

Flaming merupakan salah satu pelanggaran yang paling umum di dunia maya. Flaming ada yang disengaja dan juga tidak. Biasanya ini dikarenakan kesalah pahaman tulisan-tulisan yang rancu, misalnya tulisan huruf kapital semua, seperti sedang marah- marah. Salah satu cara untuk menghindari kesalahpahaman adalah menggunakan emoticon yang jelas.

TROLLING

 Image

Adalah perilaku yang sering terjadi di forum online dan halaman Facebook dengan memberikan komentar terus-menerus (bombardir komentar) yang berisi penghinaan, provokasi atau ancaman. Kebanyakan penyebab trolling adalah kebosanan yang menyebabkan ‘iseng’.

Yang paling sering digunakan trolls (para pelaku trolling) di situs media sosial adalah memicu kemarahan untuk kesenangan diri mereka sendiri. Ini artinya trolls memang sengaja memancing pengguna media sosial untuk marah agar mereka merasa senang.

Para pendukung trolling mengatakan bahwa perilaku mereka tersebut tidak lain adalah humor dan kenakalan biasa serta kebebasan berbicara, namun sebenarnya trolling dapat masuk ke kategori pelecehan dan hate speechTroll beroperasi karena merasa memiliki kekuasaan, mencari hiburan, kebosanan dan balas dendam, terlebih hal ini dilayani dengan baik oleh adanya anonimitas di internet.

CONTOH KASUS:  memasang foto terbarunya di Facebook, tiba-tiba ada yang komentar. “Wah muka kamu keren banget, photoshop ya?!”

Untuk menghadapi para troller ini ada beberapa saran yang mungkin kamu pertimbangkan:

  1. Jika anda merasa sedang ditrolling, jangan pernah menanggapi komentar mereka, biarkan saja atau kalau merasa terlalu offensif, hapus saja. Semakin ditanggapi, biasanya mereka menjadi-jadi.
  2. Kenali orang yang biasa melakukan trolling; gunakan fitur block user seperti di Facebook. Atau masukan di ignore list di web dan forum, ini tindakan yang lebih sopan dan aman karena anda tidak akan membaca komentar troll di website.
  3. Siapkan mental, kadangkala troller bersikap agresif jika mereka menemukan topik yg rentan memancing tindakan trolling. Jangan terlalu bertindak terbuka di forum, dan jangan menampilkan sesuatu yang membuat diri kita terlihat bodoh dan mudah dicari kekurangannya.
  4. Kenali karakteristik pengguna sebuah website, jika lebih banyak trollernya, mending tinggalkan saja. Jangan buang waktu anda untuk membaca komentar para troller, carilah web atau forum yg diisi user yang berinternet dengan sehat meskipun kadang masih ada user yg melakukan trolling.
  5. Jangan pernah berdebat dengan para troll, mereka merupakan orang yang berpengalaman di internet, jika ingin belajar menjadi troller, jangan pernah berpikir kalau kalau trolling adalah sesuatu yang benar-benar mengasyikkan. If you troll someone, you’ll be trolled by another one.

JUNKING

Seperti pengertiannya (junk = sampah) kegiatan junking adalah menulis kata-kata yang tidak berhubungan atau tidak penting, biasanya terjadi pada e-mail yang disebut junk mail. Biasanya isi junk mail adalah iklan- iklan yang tidak jelas dan tidak pernah kita ikuti. Ada juga junk mail yang berisi penipuan penawaran pekerjaan, atau mendapat sejumlah hadiah, dan lain- lain. Contohnya seseorang mendapatkan e-mail berisi iklan – iklan yang tidak jelas dan masuk kedalam folder ‘junk’ atau ‘spam’ Maka dari itu kita harus berhati-hati. Berikut ada bberapa cara menghindari agar junk mail tidak masuk kedalam inbox e-mail kita:

  1. Buka email tesebut
  2. Jika anda memakai hotmail : cari tulisan “junk” diatas Message , kemudian
    di klik, dilanjutkan dengan klik OK
  3. Jika anda memakai yahoo : cari tulisan “spam” diatas/dibawah tulisan,
    isi ceklist untuk “Automatically block the sender of messages that I mark as
    spam” dilanjutkan dengan meng-klik “Mark Messages as spam”
  4. Sebenarnya kita tidak perlu membaca juga bisa, tapi rasnya tidak nyaman saja kalau inbox penuh dengan sampah.

http://id.wikipedia.org/wiki/Netiquette

http://css-weaver.com/flaming-adalah/#ixzz2gToihHOB

http://www.qorisme.com/2012/12/tips-apa-itu-troll-dan-bagaimana.html

http://ictwatch.com/internetsehat/2013/07/08/sebab-terjadinya-cyberbullying-dan-trolling-di-media-sosial/

http://cahyaintanp.wordpress.com/

http://groups.yahoo.com/neo/groups/cfbe/conversations/topics/25097

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s