BAB I: Tinjauan Tentang Ilmu Budaya Dasar

Pengertian IBD

Pada dasarnya, ilmu budaya dasar secara umum adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar kebudayaan. Ilmu budaya dasar berasal dari kata “The Humanities” (bahasa Inggris), dalam bahasa latin, humanus berarti manusia, berbudaya dan halus. Ilmu budaya dasar mempelajari tentang nilai-nilai kebudayaan. Dengan demikian, manusia sebagai homo humanus (manusia berbudaya).

Ilmu budaya juga termasuk dalam tiga kelompok besar ilmu pengetahuan;

1. Ilmu alamiah (natural science): bertujuan untk mengetahui keteraturan-keteraturan yang ada di alam

2. Ilmu sosial (social science): bertujuan untuk mengetahui keteraturan yang terdapat dalam hubungan antar manusia.

3. Pengetahunan budaya (the humanities): bertujuan untuk memahami dan mencari kenyataan yang bersifat manusiawi.

Pengertian budaya menurut E.B. Taylor yan juga seorang antropolog, kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain dan juga kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Sedangkan menurut Seolo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Ilmu budaya dasar membahas tentang nilai-nilai, kebudayaan, dan berbagai masalah yang dihadapi manusia, in perlu dipelajari karena sistem pendidikan kita dirasa sangat kurang. Ruang lingkup pendidikan bangsa kita condong membuat manusia tidak memiliki pandangan yang luas, karena di perguruan tinggi relatif hanya mempelajari dan fokus kepada satu bidang saja, tidak dibidang lain, alhasil mereka terlihat ‘buta’ mengenai bidang lain yang tidak ia kuasai.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

Beberapa tujuan mempelajari IBD:

  • Agar lulusan Perguruan Tinggi dari semua jurusan dapat memiliki kesamaan atau kesambungan bahan pembicaraan dengan bidang lain, tidak hanya satu bidang saja.
  • Nantinya lulusan perguruan tinggi punya pengetahuan yang cukup luas tetang budaya Indonesia, dan memiliki minat untuk mempelajari dan melestarikan budaya-budaya Indonesia lebih dalam lagi.
  • Menjadikan bangsa kita berjiwa pancasila, sehingga semua keputusan mencerminkan pengamalan nilai pancasila
  • Memiliki wawasan budaya yang luas.

Manfaat bagi mahasiswa yang mempelajari Ilmu Budaya Dasar

Cukup banyak manfaat bagi mahasiswa dalam mempelajari ilmu budaya dasar. diantaranya menjadikan mahasiswa peka terhadap ligkungan budaya, agar dengan mudahnya dapat menyesuaikan diri dengan lingkuannya, terutama di lingkungan profesi mereka nanti. Kemudian mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar lebih mampu berdialog satu sama lain. Ketika mereka memiliki bekal yang sama, otomatis lebih mudah dalam berkomunikasi. Jika berkomunikasi dengan baik, maka akan lebih memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian. Meski spesialisasi sangat penting, tetapi jika spesialisasi yang kita miliki terlalu sempit, akan membuat dunia seorang mahasiswa menjadi sempit. Proses moderenisasi membutuhkan orang yang berpandangan luas, maka dari itu mahasiswa atau sarjana yang seperti demikian tidak dapat dimanfaatkan secara penuh. Selain itu juga diharapkan mahasiswa dapat menanamkan keberanian moral untk mempertahankan nilai-nilai yang benar dan dapat menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.

Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan kehidupan sehari-hari

Terkadang kita dihadapkan pada pilihan-pilahan yang kerap kali membingungkan kita. Kita sebagai individu harus menanamkan peran ilmu budaya dasar dihati kecil kita. Ini sangat penting untuk memudahkan kita mengabil keputusan.

Dalam kehidupan bermasyarakat, jika kita memiliki dasar yang kuat tentang tata cara dan sikap kita dalam bermasyarakat, maka kita akan lebih mudah membawa diri kita kedalam masyarakat.

Sedangkan ilmu budaya dasar dalam kehidupan keluarga, dapat mempengaruhi sikap kita kepada tiap anggota keluarga, bagaimana caranya agar kita tidak mengecewakan setiap anggota keluarga kita, terutama orangtua kita.

Pokok bahsan Ilmu Budaya Dasar

Ada delapan pokok bahasan yang harus kita ketahui, diantaranya;

–          Manusia dan cinta kasih

–          Manusia dan keindahan

–          Manusia dan penderitaan

–          Manusia dan keadilan

–          Manusia dan pandangan hidup

–          Manusia dan tanggung jawab dan pengabdian

–          Manusia dan kegelisahan

–          Manusia dan harapan

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s