Mengapa mahasiswa psikologi harus mempelajari Ilmu Budaya Dasar?

A. LATAR BELAKANG ILMU BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI

Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, pada dasarnya ilmu budaya dasar merupakan ilmu yang mempelajari tetang dasar-dasar kebudayaan. Karena manusia sebagai homo humanus (manusia yang berbudaya), maka siapapun wajib mempelajari ilmu budaya dasar, termasuk mahasiswa psikologi. Beberapa latar belakang ilmu budaya dasar dan hubungannya dengan psikologi:

Suatu kenyataan bahwa negara kita Indonesia, memiliki berbagai macam suku bangsa dan keaneka ragaman budaya. Bagi mahasiswa psikologi, ini penting karena ketika mahasiswa tersebut lulus dan menjadi psikolog, ia akan menangani berbagai macam pasien dari berbagai daerah dan suku. Berbeda daerah, berbeda kebiasaan, berbeda pula cara menanganinya.

Perkembangan kemajuan dibdang teknologi. Karena kemajuan dalam hal ini begitu besar, selain memiliki dampak yang baik, tidak menutup kemungkinan memiliki dampak buruk secara psikologis pada masyarakat kita. Dalam hal ini, mahasiswa psikologi wajib mempelajari ilmu budaya dasar agar dapat mengikuti perkembangan psikologis masyarakat jaman sekarang.

B. TUJUAN MEMPELAJARI ILMU BUDAYA DASAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI

Tujuan yang paling utama dari mempelajari ilmu budaya dasar ini adalah menjadikan lulusan-lulusan perguruan tinggi dapat memiliki kesamaan bahan pembicaraan dari jurusan manapun. Nantinya lulusan perguruan tinggi juga memiliki pengetahuan yang luas tetang budaya-budaya Indonesia dan diharapkan memiliki minat untuk mempelajari dan mencintainya secara mendalam.

Sedangkan tujuan bagi mahasiswa psikologi diantaranya:

1. Diharapkan mahasiswa psikologi dapat memahami berbagai macam budaya-budaya di Indonesia, agar ketika lulus dan menjadi psikolog, dapat lebih mudah memahami pasien yang notabennya memiliki latar belakang atau budaya yang berbeda-beda.

2. Dapat mengusahakan berkomunikasi dengan baik, agar lebih mudah berkomunikasi satu sama lain, tidak hanya di bidang psikologi saja.

3. Dapat memiliki pandangan secara luas, agar dapat dimanfaatkan secara penuh.

4. Dapat menanamkan keberanian moral untuk mempertahankan nilai-nilai psikologis yang dianggap benar, dan dapat menolak nilai-nilai yang tidak dapat dibenarkan.

5. Memahami beberapa budaya manusia secara medalam dan  memiliki kepekaan terhadap masalah masalah yang ada dalam sebuah pemikiran, perasaan, maupun perilaku manusia tersebut.

 

 

sumber:

http://www.scribd.com/doc/84417223/Latar-Belakang-Ilmu-Budaya-Dasar

http://www.anneahira.com/ilmu-ilmu-budaya-dasar.htm

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s