Contoh kasus perkembangan IPTEK; Meningkatnya kasus kejahatan seiring dengan pesatnya kemajuan IPTEK

PERKEMBANGAN IPTEK

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang cukup pesat sekarang ini sudah menjadi realita sehari-hari bahkan merupakan tuntutan masyarakat yang tidak dapat ditawar lagi. Tujuan utama perkembangan iptek adalah perubahan kehidupan masa depan manusia yang lebih baik, mudah, murah, cepat dan aman. Perkembangan iptek, terutama teknologi informasi saat ini bagaikan pisau bermata dua. Jika kita tidak mempergunakannya dengan baik, kita akan terjerumus ke hal-hal yang tidak baik. sedangkan jika iptek kita manfaatkan dengan baik, kita justru akan mendapatkan manfaat-manfaat yang baik.

Belakangan ini, seiring kemajuan IPTEK, tingkat kasus kejahatanpun semakin meningkat. Contohnya saja kasus penculikan yang dialami Marieta Nova Triani, gadis dibawah umur  yang menjadi korban penculikan setelah berkenalan melalui jejaring sosial Facebook, diakui keluarganya sebagai anak yang pendiam dan jarang keluar rumah. Keduanya intens berkirim pesan sejak 5 bulan sebelum kasus penculikan itu. Meski dipisahkan oleh jarak,korban di Sidoarjo, Jawa Timur, dan Ari di Tangerang, keduanya cukup hangat menjalin hubungan lewat dunia maya. Bahkan, pada tanggal 20 Januari 2010, Ari membuat status ‘Married’ di akun Facebooknya. Lewat perkenalan di Facebook tersebut, akhirnya korban dibawa kabur oleh Ari hingga 3 hari saat berkunjung ke Jakarta. Ari menggunakan akun bernama ‘Arie Power’. Dalam facebooknya terdapat foto-foto korban yang diberi nama sebagai ‘bundaqw’. Selama kabur, Ari dan korban sempat berhubungan seksual. Ari lantas dibekuk polisi dengan tuduhan melarikan anak di bawah umur. Sebelum pertemuannya dengan tersangka Ari melalui Facebook, korban sempat dinasehati kakaknya untuk tidak mudah percaya pada lelaki yang baru dikenal melalui dunia maya. Kini korban mengalami depresi setelah kasusnya merebak. Kristina (kakaknya) menambahkan, adiknya kini lebih banyak mengurung diri didalam rumah. Nova mengaku malu dan stress karena kasusnya merebak setelah diberitakan media. Saat ini Nova masih di rumah kerabatnya di Jakarta ditemani kedua orangtuanya.

 

Seperti itulah jika jejaring sosial tidak dipergunakan dengan hati-hati. Kejadian tersebut membuat korban mendapat dampak psikologis yang tidak baik, seperti hilangnya kepercayaan diri, dan mendapat tekanan dari berbagai pihak.

Ada baiknya pesatnya kemajuan teknologi ini juga dibarengi dengan pesatnya perhatian dari para orangtua, karena jika orangtua tidak memperhatikan atau mengawasi anaknya ketika sedang memanfaatkan IPTEK, bisa-bisa mereka akan memasuki atau berbuat hal yang tidak baik yang juga sebenarnya mereka juga tidak menyadari dampak negatifnya. Jika anda tidak dapat mengawasi anak secara langsung, anda dapat membicarakan hal-hal yang perlu diberitahukan ke anak anda. seperti apa saja yang boleh diakses di dunia maya, bagaimana cara bersosialisasi didunia maya, bagaimana memperlakukan orang yang tidak kita kenal didunia maya, dan sebagainya.

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: http://www.indosiar.com/patroli/alami-depresi-pasca-kasusnya-merebak_84439.html

https://www.kaskus.co.id/post/51740eae5a2acf9874000002

About these ads

One thought on “Contoh kasus perkembangan IPTEK; Meningkatnya kasus kejahatan seiring dengan pesatnya kemajuan IPTEK

  1. Ping-balik: Perkembangan IPTEK | Kanggo Riko

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s